Thursday, May 21, 2015

Bingungnya Memilih Vendor Dekorasi

Cerita kegalauan selanjutnya adalah ketika memilih vendor dekorasi. Dari harga paketan gedung Dome Harvest yang gue ambil, gue dapet jatah budget 20mio untuk urusan dengan vendor dekorasi ini, tapi ternyata setelah di teliti lebih jauh budget segitu masih standart banget bangeett bok. Emang sih gedung gue udah bagus ga  meski banyak dekor yang heboh gimana, tapi ya ga sepi-sepi banget juga kali ya, malah jadi kebanting bukan nya? 

Dan setelah gue browsing-browsing sampe pusing, ternyata emang budget dekorasi wedding ini buesaar juga yah! adaloh yang untuk dekor nya doang abisnya ampe ratusan juta.. padahal venue nya tu udah yang di hotel ritz calton, hotel mulia yang harusnya emang udah cakep tanpa dekor heboh banget kan ya? errgh atau justru venue nya itu yang bikin dekor nya mahal? entahlah.. yang jelas gue pribadi sih ogaaahh banget ngebisin duit sampe segitunya cuma buat di pajang selama 3 jam, ih ga relaaa gilaa, mending abis selesei acara semua properti dan bunga-bunga boleh di bawa pulang, ya kan guee gamau ruginya keliatan, ahaha.

Gue sih lebih rela spare budget lebih di catering ya, meskipun sama-sama buat di nikmati selama 3 jam, tapi kan bisa di bawa pulang hasilnya jadi gizi, apa sih alesan gue ini zzzz, ya pokoknya gitu lah ya, kalian juga pasti setuju ya kan? *maksa, huahauaha. Maaf guys, mungkin ini akbiat stress hunting vendor dekorasi di Jakarta dan sekitarnya yang mostly start from 35 mio! ajegileee kan..

Pernah waktu gue first survey ke Diamond Wedding Service yang niat awalnya mau pake jasa sanggar diamondnya aja, tapi begitu tau Diamond bisa dekor juga, gue request dong ke mas Johnas gimana kalo dekor gue pake Diamond sekalian, karena keliatannya bagus dan affordable kalo mau di patokin liat dari PL sanggarnya. Tapi dong ternyata pas ngobrol langsung sama orang Diamond nya yang hanya mengira-ngira dari gedung Dome yang di gambarkan mas Johnes via telfon (belom survey) di patok harga 85 mio sajaaa sodara2! Berasa di patok juga gue dengernya, haha..

Besoknya gue langsung gue browsing dan hunting membabi buta vendor dekor yang murah tapi harganya sepertinya ga gila, lalu di temukanlah beberapa candidat yang langsung gue email satu-satu. Ada yang langsung membalas lengkap dengan PL, ada yang bales dengan main patok harga aja, ada juga yang ga bales sama sekali. But mostly yang bales cuma sekedar bilang karena belom pernah perform di gedung gue, mereka minta waktu untuk survey dulu atau minta di kirimin layout gedung nya, euhh remong ye mpok!

Beberatpa vendor (iya beberapa aja ya, perasaan banyak tapi gue lupa, intinya di inbox email cuma nemu ini, ya berarti yang lainnya no response) hasil hunting gue adalah..

1. Jonquilla Decor
Vendor ini cuma bales tanggal segitu mereka masih available, belom pernah make Dome, minta layout gedung nya, daaaan yang amazing adalah kata-kata "Untuk di luar kota, kita ada minimum revenue di 60 juta" wait, what? yasalamm deh..!

2. Janur Kuning Dekorasi
Sempet email-email an cukup panjang, mantep berati ya pelayanannya. Walau pun ujung-ujung nya mereka tetep minta waktu dulu untuk survey lokasi karena ga berani matok harga tanpa liat lokasi dan bilang kalo sudah gue akan di hubungi. Tapi sampai sekarang ga ada tuh. Sayang sekali, padahal gue suka dan lokasi office nya juga masih dekat dengan Tangerang yaitu di bilangan kebon jeruk.

3. Sulthan Dekor
Saking naksirnya sama vendor ini karena lagi-lagi pengaruh review capeng lulusannya, gue ga pake email tapi langsung gue watsap orangnya karena berharap response nya cepat dan exicted seperti gue. Tapi sayang tidak seperti yang gue harapkan. 11-12 dengan Janur Kuning, dia cuma minta waktu survey dan tak lagi berkabar hingga detik ini,huft.

4. Safira Maharani Decoration
So far ini yang paling top dari segi layanan sih, mau nanggapin n ngobrol via email panjang lebar, mau bikinin quotation dan PL walau hanya dari penjelasan dan contoh foto Dome yang gue kasih tanpa harus nunggu survey dan PHP, dan sampai weekend kemarin pun masih rajin ngundang gue ke nikahan untuk liat performnya. Dari hasil liat di web nya sih bagus-bagus ya gue suka. Kalian bisa cek sendiri di www.safiramaharanidecoration.com. Harga yang di tawarin di quotationnya mencapai 45 juta, hm masih lumayan sih.

Oke, dari pada pusing-pusing sendiri akhirnya gue milih curhat panjang-lebar aja sama wedding consultant gue tercinta itu si Mas Johnas kalau gue galau banget sama urusan dekorasi ini, gue ceritain dah tu kalo gue gamau sampe nambah banyak banget untuk dekor ini, udah cukup budget gue bengkak karena nambah banyak di catering, tapi gue juga gamau dekor yang terlalu standar. Dan gue ngerasa ga PD sama vendor dekor rekanan Dome karena selain kebanyakan namanya ga familiar jadi ga bisa mantau review performnya, tapi juga karena takut pada matok harga tinggi-tinggi lagi kaya Diamond itu, eyke trauma bok.

Kelar curhat panjang, mas Johnas nenangin dan ngasih rekomen dua vendor dekor rekanan Dome yang bisa memenuhin keinginan gue yaitu bagus walaupun tanpa harus upgrade banyak. Mereka adalah Indo Dekor dan Ethee Dekor, ga familiar kan ya nama nya di dunia perdekoran wedding? Awalnya gue minta mas Johnas buat hubungin gue dengan Evlin Dekor dan Lily Vicky, asli cuma dua vendor ini yang familiar dari semua rekanan dekor Dome, tapi mas Johnas langsung nolak, katanya kalo sama mereka bakal syah gue nambah upgrade nya buanyak, hua oke, demi hemat gue nurut.

Sampai detik ini yang ngehubungin gue adalah Indo Dekor, Esthee Dekor gatau kemana rimbanya. Gue watsapan sama Indo Dekor ini orangnya baik dan enak diajak diskusi, harga juga ga gila-gila amat tapi emang jadinya juga masih kurang bagus menurut gue, terlalu simple dan sepi jadi dekornya. Ga puas begitu, gue browsing lah review performa nya Indo Dekor ini, dan surprisingly, gue menemukan banyak bad review nya especially di weddingku.com. sampai account vendornya sendiri seperti sudah di non aktif-kan. Kontan gue langsung lapor ke mas Johnas. Dan mas Johnas berterimakasih sekali atas info yang gue kasih. Karena emang sebenernya Dome baru-baru ini menjaring rekanan dekorasi, selama ini Dome hanya menggunakan vendor dekorasi andalan nya bernama bu Anna yang menyandang brand D'Blumen Dekorasi. Masih ga familiar juga sih dengan brand nya. Tapi kisahnya akan gue ceritain di lain post. Intinya karena baru rekanan dengan vendor dekor yang lain nya, mas Johnas coba bagi-bagi job, apesnya gue kebagian yang begitu. Belom sampe apes sih karena alhamdulillah gue teliti dan ketauan. Mas Johnas jadinya trauma dan gamau ngasih gue yang macem-macem lagi, finally dia langsung agak maksa gue make D'Blumen aja. Gue minta nyari vendor baru sendiri pun ga di kasih. Karena dia bilang biar aman, "karena D'Blumen ini udah kaya yang punya Dome, sering banget megang Dome dari awal Dome ada untuk wedding. Jadi di jamin bagus dan ga perhitungan. Di luar Dome emang dia pasang harga tinggi, tapi di Dome beda, apalagi ntar aku bujukin deh. Pokoknya rekomended buat kamu, aku mau berterima kasih sama kamu atas info vendor tadi, jadi aku mau bantu banget urusan dekor mu ini. Aku gamau kamu jadi kelinci percobaan vendor rekanan yang baru-baru lain nya yang belum tentu menguasai area gedung Dome" begitu kurang lebih kata-kata nya mas Johnas yang sukses bikin gue tenang.

Apalagi setelah gue ketemu dengan bu Anna ini pun orangnya baik dan enak banget ngobrolnya. Typical ke ibuan yang sabar banget waktu gue curahin kemauan gue yang banyak. Kita ketemuan di Central Park sepulang gue kerja waktu itu. Disitu gue diliatin se-abrek foto di laptop nya hasil dia perform dan bagus-bagus bangeet! Bukan yang ecek-ecek gitu, keliatan classy bok. Rasa nya gue googling juga susah nyari yang begitu fotonya buat inspirasi, ah pokoknya sukaa! I think the only reason brand D'Blumen ga se-happening vendor dekor 'wah' lainnya adalah karena bu Anna sama sekali tidak menyentuh dunia internet. Strategi marketingnya hanya dari mulut ke mulut. Udah gue bilang kan tadi typical nya bu Anna ini emang yg ke-Ibu2-an banget? thats it. Tapi aslinya, dia sering kolaborasi sama vendor dekor ternama dan sering perform juga di ritz calton dan hotel mulia. Beberapa kali juga gue udah liat perform nya di Dome langsung dan oke. Gue ceritain di next posting ya. Alhamdulillah kelar sudah galau-galau milih vendor dekor ini. Dan smoga hasilnya memuaskan yaa.. Ammiinn..!!

Anyway, makasih yaa udah mau baca panjang-panjang :)


10 comments:

  1. Hi mba indri, boleh minta kontak dan pricelistnya d'blumen yang bu anna? Tolong krm ke shinta.michiko@gmail.com bisa? Aku cari kontaknya di google susah banget hehe. Thanks!

    ReplyDelete
  2. Aku punya gedung pernikahan full ac&carpet, fresh building juga, bangunannya semi hotel dan mampu menampung orang sampai 1500 orang yg lokasinya strategis pula, gedung aku juga sudah all in package untuk lebih detailnya contact me call/wa 087800160870 (intan)

    ReplyDelete
  3. HIS CORP present,
    Wedding Package at Patra Jasa Office Tower
    PATRA JASA YUDISTIRA BALLROOM (New Concept)
    (Jl. Jend. Gatot Subroto Kav 32-34 Jakarta Selatan):

    - Fasilitas Gedung kapasitas 1500 orang (Full AC & Full karpet),
    - Free Parking gedung 10 slot
    - Dekorasi,
    - Catering 800 pax,
    - Rias & Busana, hingga 22 orang
    - Entertainment,
    - Photography,
    - Tim WO 8 orang + MC
    - 1 orang Wedding Consultant
    - Mobil Pengantin Alphard
    - Homeland Residence Patraland 3 kamar, 2 lantai, dan private pool 2D1N


    FREE HONEYMOON 4D3N at Maldives + Flight / Logam Mulia 10gr (tanpa diundi) & masih banyak lagi

    Get That All Special Package with booking fee Rp 10 juta to save your date and prices.


    HIS Wedding Patra Jasa : 081808851721 (Wishnu)

    ReplyDelete
  4. Ingin menikah tapi bingung mencari ballroom atau gak punya waktu buat hunting vendor? dapatkan juga paket liburan ke EROPA selama 5 hrai 4 malam gratis tanpa di undi. Yuuk gabung bersama kami Venue & wedding organizer by HIS K link Tower Jl. Jend. Gatot Subroto Kav 59A Lt.12 Jakarta Selatan, kamu udah bisa dapatkan:
    - Fasilitas Gedung (Full AC & Full karpet),
    - Dekorasi,
    - Catering,
    - Rias & Busana,
    - Entertainment,
    - Photography,
    - Tim WO 8 orang + MC
    - Mobil Pengantin Alphard
    FREE HONEYMOON 4D3N di EROPA+FLIGHT / IPHONE X / FINE GOLD (tanpa diundi) & masih banyak lagii Segera hubungi marketing HIS Venue & Wedding Organizer by HIS K LINK TOWER : 0895 4103 28343 (ozi)

    ReplyDelete
  5. Dear calon pengantin...mau melangsungkan pernikahan? tidak perlu ribet, sudah dapat paket liburan ke JEPANG selama 5D4N + Voucher flight.
    Yuk gabung bersama kami Venue & Wedding Organizer by HIS K link Tower Jl. Jend. Gatot Subroto Kav 59A Lt.12 Jakarta Selatan, kamu udah bisa dapatkan 'all in package'. apa aja sih?

    - Gedung
    - Dekorasi
    - Catering
    - Rias & Busana atau Bridal
    - Entertainment
    - Photography,
    - WO 8 orang
    - Mobil Pengantin (ALPHARD)

    Segera hubungi marketing HIS Venue & WO by HIS K LINK TOWER telp: 0857 5241 5266, wa: 0815 5432 9946 (Aulia)

    ReplyDelete
  6. Dear Capeng yang mau menikah tp bingung cari gedung, HIS KLINK TOWER GRAND BALLROOM GATOT SUBROTO,Jakarta. hadir utk anda, dg ALL in package , NO RIBET, semua kita yg urus..kalian tinggal duduk manis, package include
    -GEDUNG
    -CATERING
    -DEKORASI
    -RIAS & BUSANA
    -PHOTO&VIDEO
    -WEDDING CAR
    -PROMO honeymoon MALDIVES!!
    -etc..

    luxury place with affordable price
    hub. marketing HIS 081319797403 (VISKA)

    ReplyDelete
  7. Buat kamu yang sibuk kerja gak punya waktu luang buat hunting gedung/vendor? gak sah khawatir HIS Grand Slipi kini hadir dengan akses yang sangat mudah dan strategis di jl. S Parman, fasilitas ballroom bintang lima : single ballroom, interior mewah dengan lampu Kristal yang menawan, sudah bekerja sama dengan vendor-vendor hits Jakarta. Paket pernikahan sudah all in Package include:
    - Fasilitas Gedung (Full AC & Full karpet),
    - Dekorasi,
    - Catering,
    - Rias & Busana,
    - Entertainment,
    - Photography,
    - Tim WO 8 orang + MC
    - Mobil Pengantin Alphard
    Temukan wedding consultan pribadimu yang professional dan berkomitmen tinggi dapatkan juga FREE HONEYMOON MALDIVES 5D4N, LOGAM MULIA, PHOTOBOOTH UNLIMITED tanpa diundi. Segera hubungi marketing HIS Grand Slipi Convention Hall_OZI : 0895 4103 28343.

    ReplyDelete
  8. Hallo calon pengantin, mau menikah di gedung mewah tanpa ribet dan budget oke? HIS BALAI SUDIRMAN PERWIRA jawabannya! Hijau Indah Selaras Wedding Venue & Organizer bakal bikin mimpi kamu jadi nyata. Kami menyediakan ALL IN WEDDING PACKAGE, gak perlu khawatir karena kita sudah cover :
    - Fasilitas Gedung (Full AC & Full Karpet)
    - Catering
    - Dekorasi
    - Rias & Busana
    - Entertainment
    - Photography
    - Wedding Organizer

    Gak cuma itu, kamu juga bakal dapet banyak bonus seperti HONEYMOON ke THAILAND dan FOODSTALL MILENIAL seperti BASKIN ROBINS atau HONGTANG. Book your date! Whatsapp : 087719024207, Email : ola.hiscorp@gmail.com

    ReplyDelete
  9. Hallo, aku mau sharing tentang pernikahan aku di gedung HIS GRAHA ELNUSA di TB Simatupang yang sudah full karpet harganya jauh lebih murah looh untuk gedung di daerah Jak-Sel, parkirannya juga luaaaass bangett, udah gitu gak perlu ribet cari2 vendor lg karena disitu sistemnya udah ALL IN PACKAGE dan sudah ada WEDDING PLANNERnya lho..

    Kemarin acara aku di arrange sama Wedding Public Relation & Wedding Planner yang kooperatif bgt.. Alhamdulillah acara berjalan lancar dengan budget aku yg tidak terlalu mahal dan masuk akal..

    Silahkan langsung kontak Wedding PR yang handle aku 085887972972 mba INES namanya dia udh berpengalaman dalam hal wedding biasanya juga dia suka kasih bonus banyaakk.. hihihi

    ReplyDelete